BAH JAMBI

Bah_Jambi Kebun Bah Jambi adalah salah satu Unit Usaha dari PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) yang berada di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, bergerak dibidang Usaha Perkebunan dan Pengolahan Kelapa Sawit yang menghasilkan Minyak (CPO) dan Inti (PK). Pada mulanya Kebun Bah Jambi adalah milik Swasta Asing NV. HVA (Handle Veroniging Amsterdam) dari Negeri Belanda, komoditinya Budidaya Sisal (Agave Sisalana). Tanggal 02 Mei 1959 diambil alih oleh Pemerintah berdasarkan Peraturan Nomor 19 dalam lembaran Negara nomor 31, tahun 1959 dengan peralihan status menjadi PPN Baru sampai dengan tahun 1963.

Pada tahun 1963 berdasarkan Peraturan Pemerintah momor 27 tahun 1963, Perusahaan Perkebunan Negara dibagi menurut wilayah dari PPN Aneka Tanaman (Antan) I s/d XIII dan Kebun Bah Jambi masuk dalam PPN Sumut III selanjutnya berubah nama PPN Antan III sampai dengan tahun 1968. Tahun 1968 sebagaimana Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 1968, dalam regrouping perkebunan dari PPN Aneka Tanaman III, IV, PPN Karet VI dan PPN serat Sumut menjadi Perusahaan Negara Perkebunan VII (PN. Perkebunan VII). Tanggal 14 Januari 1985, PN. Perkebunan VII diperserokan menjadi Perusahaan Perseroan PT. Perkebunan VII (PTP VII).

Berdasarkan peraturan pemerintah  Nomor 9 tahun 1996, PT. Perkebunan VII dilebur, selanjutnya dilaksanakan penggabungan (Merger) PTP di wilayah Sumatera Utara dan PT. Perkebunan VI, PT. Perkebunan VII, PT. Perkebunan VIII dilebur menjadi satu Badan Usaha PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) dengan Akte Notaris Harun Kamil,SH nomor 37 tanggal 11 Maret 1996 dan Keputusan Menteri Kehakiman No. C2.8335 HT.01.01 Tahun 1996 tanggal 08 Agustus 1996 yang dicantumkam dalam Lembaran Berita Negara No. 81 tanggal 08 Oktober 1996.

Lokasi kebun Bah Jambi berada di Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Jarak dengan kota Medan sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara berkisar 147 km, dan dari kota Pematangan Siantar 19 km. Topografi tanah keadaannya sedikit bergelombang dan berbukit. Jenis tanah Podolik Cokelat Kuning (PCK) dan Podsolik Coklat (PC) Kebun Bah Jambi memilki luas HGU 8.060,5 Ha, terdiri dari 9 afdeling tanaman kelapa sawit, emplasmen, pembibitan, pabrik dan kolam limbah.

Pabrik Kelapa Sawit
Sebelum pengambialihan oleh Pemerintah Republik Indonesia, Pabrik Kelapa Sawit Bah Jambi adalah milik Perusahaan Belanda NV. Handle Veroniging Of Amsterdam (HVA) yang mengelola produk Sisal (Agave Sisalana). Kemudian direnovasi menjadi Pabrik Kelapa Sawit dan mulai beroperasi pada tahun 1967 dengan kapasitas awal 30 ton tandan buah segar (TBS) per jam, yang kemudian pada tahun 1972 ditingkatkan menjadi 50 ton tandan buah segar (TBS) per jam. Pada tahun 1998 dilaksanakan pembenahan tata letak, tata ruang serta penyempurnaan mesin-mesin pabrik kelapa sawit dari kapasitas 50 ton tandan buah segar (TBS) per jam menjadi 60 ton tandan buah segar (TBS) Pabrik Kelapa Sawit Unit Kebun Bah jambi mengolah buah kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan Inti Sawit (PK) yang merupakan bahan setengah jadi yang selanjutnya dikirim ke PT. SAN Belawan dan sejak tahun 2000 inti sawit (PK) diolah ke PPIS Pabatu menjadi PK Oil dan PK Meal.