Penuhi Standar Berkelanjutan, Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Sosa PTPN IV Raih Sertifikat ISPO
Mei 9, 2023
PTPN IV Komitmen Pertahankan Aset Kebun Teh
Juni 5, 2023
Tampilkan semua

Usung Ciri Khas Lokal, Produk UMKM Binaan PTPN IV Mempesona di Sela Ajang KTT ASEAN 2023

Medan – PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) memanfaatkan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN 2023 sebagai momentum promosi bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan.

Melalui Rumah BUMN, Program Pendanaan Usaha Mikro & Usaha Kecil (PUMK) PTPN IV memboyong tiga UMKM binaan unggulan ke ajang Side Even SMEs Hub ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Ketiganya adalah UD Luhut, Tebing Batik Collection dan LH Collection.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar berharap upaya ini mampu membuka akses serta kelak meningkatkan daya saing produk UMKM lokal di pasar global.

“Ini adalah momentum yang tepat dan harus dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk unggulan mereka ke pasar dunia,” ujar Joni melalui keterangan tertulis.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim, perusahaan mengikutsertakan produk kerajinan industri kreatif yang telah memenuhi standar dan kurasi ketat. Masing-masing mempunyai ciri tersendiri yang mencerminkan kekayaan adat budaya Nusantara.

Produk yang dipromosikan PTPN IV kali ini antara lain ulos khas Mandailing, batik tulis yang bermotif khas Melayu dan Karo. Di samping nilai estetika yang ditawarkan, produk-produk karya UMKM binaan PTPN IV juga berbahan baku daur ulang melalui proses Ecoprint sehingga lebih ramah lingkungan.

“Sejauh ini, batik identik dengan kerajinan yang berasal dari daerah Jawa. Namun seiring kreativitas yang meningkat dan penilaian pasar, ternyata pelaku UMKM PTPN IV juga mampu menciptakan kombinasi batik pada corak sehingga mencipatkan batik tulis dengan corak khas Mandailing Sumatera Utara ,” ujar Riza melalui Kepala Sub Bagian Program PUMK PTPN IV Afni Ria Safitri.

Side Even SMEs HUB Summit ASEAN 2023 berlangsung selama lima hari, yakni 9-13 Mei 2023. Kegitan ini merupakan bagian dari rangkaian KTT Ke-42 ASEAN 2023. Momentum ini dimanfaarkan Rumah BUMN inisiasi Menteri Erick Tohir untuk memperkenalkan produk UMKM lokal ke pasar internasional.

Even Side SMEs Hub Summit ASEAN 2023 mengikusertakan 50 pelaku usaha UMKM. Sebanyak 10 di antaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM Binaan Rumah BUMN dan Kementerian lainnya. Produk yang ditampilkan beraneka macam, mulai dari bidang kuliner hingga kerajinan.

Saat berkunjung ke acara, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan berbagai upaya yang ditempuh demi mengembangkan produk-produk UMKM Indonesia di mata dunia.

Melalui sinergi Himpunan Bank Milik Negara (Bank Himbara), kementerian bakal fokus pada sisi pembiayaan dan pangsa. Selain itu, PT Permodalan Nasional Madani atau PNM Mekaar dengan 149.000 nasabah binaan juga terlibat dalam upaya ini.

“UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian BUMN dan lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan,” ujar Erick.

Pada kesempatan ini, Erick menyempatkan diri berkunjung ke booth PTPN IV pada ajang teesebut. Ia datang bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Rombongan pun memberi apresiasi dan mendorong agar produk UMKM binaan PTPN IV agar bisa lebih berkembang serta merambah pangsa ekspor.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibjo juga turut mengapresiasi atas kesuksesan acara Even Side SMEs Hub Summit ASEAN 2023. Hal ini terbukti dari antusias dan tingkat kehadiran yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *