Grand Design Menuju Indonesia Emas 2045
Januari 10, 2022
Tampilkan semua

PTPN IV Kembangkan Aplikasi Control Tower Dashboard

Aplikasi Control Tower Dashboard (CTD) merupakan aplikasi Mobile dan Dashboard Web GIS yang dipergunakan untuk memonitoring kondisi infrastruktur dan tanaman yang ada di Unit Usaha PTPN IV.

Hal ini disampaikan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, di Kantor Direksi PTPN IV Medan, Jumat 14/1/2022.
Sucipto Prayitno mengatakan, ada dua survei yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya Survei Jalan yaitu untuk melakukan monitoring dan inventarisasi kondisi jalan yang ada di Unit Usaha/ Afdeling dan Survei Pohon yaitu untuk melakukan monitoring dan inventarisasi kondisi tanaman, pemeliharaan (TBM/ TM) dan panen.
Disebutkan Sucipto Prayitno bahwa survei jalan menggunakan dua metode yaitu Metode Drawing Tools, adalah metode dimana dalam menentukan jalan yang disurvei langsung menunjukkan atau digambarkan di layar monitor handphone. dan Metode Location Stream, adalah metode dimana dalam menentukan jalan yang disurvei langsung mengikuti kondisi lapangan dengan posisi GPS aktif.
“Sementara, survei pohon berguna untuk melihat status pohon, diantaranya mulai dari serangan hama, serangan penyakit, pemeliharaan tanaman menghasilkan (TM),  pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM), luas panen (hektar), kapveld panen, dan angka kerapatan panen,” sebut Sucipto.
Sucipto juga mengatakan, bahwa Dashboard Web GIS merupakan portal web yang digunakan untuk melihat hasil survei yang telah dilakukan melalui aplikasi PTPN4 Mobile.apk.
Saat ini PTPN IV juga akan mengembangkan CTD pada Fitur survey pohon sehingga kedepannya dapat dipisahkan berdasarkan fitur : Panen, Pemupukan, dan Pengendalian Hama Penyakit.
“Dengan mengakses https://gis.ptpn4.or.id/portal/home user dapat melihat update survei yang dilakukan dan melakukan download data CSV untuk dapat di tampilkan di format excel dan file geodatabase yang  dapat ditampilkan di aplikasi/software pemetaan seperti ArcGIS, QGis, Global Mapper dan aplikasi pemetaan lainnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *